Hal yang perlu diperhatikan saat Running Mountain pertama.

RSS
Hal yang perlu diperhatikan saat Running Mountain pertama.
Era sekarang aktifitas pendakian sudah tidak asing lagi. Terutama kata "running". kegiatan ini tidak hanya saat lari di jalanan, trail tapi ada satu kegiatan yang cukup ekstrim berkaitan dengan mendaki gunung yaitu mountain running.

Indonesia dengan kegiatan ekstrim ini masih terbilang baru. Namun, jumlah penggemarnya sudah cukup banyak. Hal ini terlihat dari antusias pencintanya saat mulai di adakan lomba lari seperti di Kebut Gunung Merapi dan Lomba lari di Rinjani.

Jika kamu tertarik dengan mountain running. Kamu memerlukan berbagai persiapan. Bagaimanapun, mendaki dengan berlari membutuhkan stamina yang tangguh. Ada beberapa tips membantu kamu persiapan mountain running pertamamu.

1.Tentukan tempat dan jalur yang tepat
Ini penting, karena kamu harus mempelajari trek gunung terlebih dahulu. Memahami kondisi trek, keterjalan, hingga panjang trek yang ingin kamu tempuh. Bijaklah untuk memilih seperti jalur Gunung Papandayan, Ranu Pane-Ranu Kumbolo, atau Cibodas-air terjun Cibeurem sangat cocok untuk pemula.

2. Lakukan latihan fisik secara rutin
Setiap kegiatan alam liar membutuhkan persiapan fisik yang matang. Kamu bisa membiasakan diri dengan lari paling tidak 2-3 bulan. Jangka waktu latihan fisik setiap orang pastinya beda ya, tergantung bagaimana kesiapan fisiknya untuk memulai lari di gunung.

3. Kenali batas dirimu, dan jangan paksakan
Ketahui batas dirimu dan jangan memaksakan kondisi tubuhmu. Memang tidak salah mencoba mountain running. Tapi bisa kamu hentikan jika sudah tidak sanggup dan mencobanya lain kali. Selain itu, untuk mengembalikan stamina yakni dengan mengambil waktu beberapa saat dan menikmati pemandangan di sekitarmu.

4. Pilih makanan yang tepat
Untuk membentuk stamina yang bagus, Kamu juga perlu lho mengatur makananmu. Bukan hanya saat persiapan lari, tapi juga waktu Kamu berlari. Bawalah makanan dan minuman yang cukup, serta dapat mengembalikan stamina dan energimu. Kamu boleh konsumsi minuman atau makanan penambah stamina asal dengan porsi normal saja, jangan berlebih.

5. Ritme lari akan berpengaruh pada staminamu
Langkah dengan ritme cepat ataupun lambat itu akan memberikan efek stamina menurun sehingga kondisi tubuh cepat lelah. Jika kamu terlalu memaksakan diri di awal lari, pada akhirnya kamu akan menjadi cepat lelah dan banyak membuang energi. Untuk pemula semaksimal mungkin memperhatikan kondisi tubuh.

6. Bawa perlengkapan sesuai kebutuhan
Kenakanlah yang memiliki bahan quick dry untuk baju dan celana. Jenis bahan ini mudah menyerap keringat dan lebih ringan. Sebagai perlengkapan yang lainnya, kamu bisa membawa tas khusus running, jaket tipe lightweigth dan sepatu khusus mountain running.

7. Tetap waspada dan konsentrasi
Turunnya kewaspadaan dan konsentrasi akan berakibat fatal, memungkin akan mengalami kecelakaan. Untuk itu sembari menikmati lari dan pemandangan, Kamu juga harus tetap bisa menjaga konsentrasi selama berlari. Waspada juga pada tanjakan dan jalan yang licin.
Nggak ada salahnya kok mencoba kegiatan ekstrim seperti mountain running. Apalagi kalau Kamu hidup di Indonesia yang punya banyak bukit dan gunung, Kamu yang mengaku pendaki dan suka olahraga lari mungkin harus mencobanya sekali dua kali. Tapi, jangan lupa tetap persiapkan sebaik mungkin keamanan dan kenyaman saat berlari ya.

Previous Post Next Post

  • Creative HNR