News — Gunung

RSS
5 Cara Melindungi Lutut Saat Hiking

5 Cara Melindungi Lutut Saat Hiking 0

Hiking merupakan salah satu liburan yang paling ampuh buat kamu untuk menghabiskan waktu kosong bersama keluarga, teman, dan pacar. Kegiatan ini memang perlu banyak persiapan, karena menantang fisik dan mental. Perlu di perhatikan pada fisik yaitu lutut, karena lutut menjadi tumpuan dan penopang kamu untuk bisa lanjut mendaki hingga titik puncak atas. Nah ada berbagai cara untuk melindungi lutut kamu untuk tetap aman dan nyaman.

  1. Trekking Pole

Gunakanlah trekking pole dengan sisi tiang yang kuat sehingga ketika kamu mendaki dapat memberikan kamu stabilitas yang baik dan menjaga sendi lutut dan pergelangan kaki kamu untuk tetap aman di jalan setapak.

  1. Sepatu Hiking

Kaki kita adalah fondasi hampir setiap gerakan yang kita buat. Jika kamu memiliki alas kaki yang tidak tepat dapat membuat kamu merasa tidak nyaman atau terbatas saat mendaki. Tentu saja akan berdampak pada lutut, pinggul, dan bahkan punggung bagian bawah. Penting untuk memilih sepatu hiking dengan traksi yang baik, material yang kokoh, dan fleksibilitas yang akan memungkinkan kaki kamu memiliki rentang gerak yang sehat.

  1. Kaos Kaki

Kaos kaki juga penting untuk kamu siapakan, terutama yang di rancang khusus untuk hiking. Karena kaus kaki seperti compress sock dapat membantu meningkatkan kestabilan otot dan sendi serta pemulihan otot.

  1. Decker/Knee Braces

Ada beberapa decker/Knee Braces atau yang biasa digunakan untuk melindungi lutut yang dirancang khusus untuk menapak di jalan setapak. Jika kamu naik gunung hal ini membantu untuk mencegah sendi pada lutut pada waktu yang cukup lama.

  1. Minumlah OMEGA-3’s

Omega-3 adalah asam lemak yang tidak di produksi oleh tubuh kamu. Mereka membantu melumasi sendi kamu serta mengurangi nyeri otot.

Yuk tag teman kamu untuk tahu pentingnya melindungi lutut saat hiking, dengan berbagai gear yang perlu di siapkan!

 

7 Hal Penting Menghindari Saat Dehidrasi

7 Hal Penting Menghindari Saat Dehidrasi 0

Sumber: http://www.paresmapa.or.id
5 Gunung Indonesia Dengan Jalur Pendakian Terindah

5 Gunung Indonesia Dengan Jalur Pendakian Terindah 0

1. Pegunungan Jayawijaya

Pegunungan Jayawijaya atau yang lebih dikenal dengan Pegunungan Cartenz (4800 mdpl). Lokasi di Papua Barat, masuk dalam jajaran 7 Puncak Dunia (Seven Summit). Banyak pendaki gunung dari seluruh dunia ingin merasakan satu-satunya gunung di Indonesia yang puncaknya diselimuti salju abadi.

2. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani (3276 mdpl), berlokasi di Pulau Lombok merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Di bagian barat kerucut Gunung Rinjani terdapat Segara Anakan, sebuah danau di ketinggian 2000m dengan luas 11 juta m² dan kedalaman 230m. Dari puncak Rinjani kalian dapat melihat Gunung Agung (Bali), Gunung Ijen-Merapi (banyuwangi) & Gunung Tambora (Sumbawa). 3.Gunung Kelimutu

3. Gunung Kelimutu

Gunung Kelimutu (1639 mdpl), terletak di Pulau Flores, merupakan gunung berapi yang memiliki fenomena alam yang unik dengan kehadiran Danau Tiga Warna di puncak Gunungnya Kelimutu. Luas ketiga danau itu sekitar 1.051.000 m² dengan volume air 1292jt m³. Fenomena uniknya adalah danau-danau ini tidak dapat dipastikan perubahan warnanya dan setiap warna memiliki arti tersendiri. Warna Biru atau "Tiwu Nuwa Muri Koo Fai" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Warna merah atau "Tiwu Ata Polo" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dengan masa hidup nya yang jahat. Warna putih "Tiwu Ata Mbupu" merupakan tempat berkumpul nya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

4. Gunung Semeru

Gunung Semeru (3676 mdpl), terletak di perbatasan antara kota Malang dengan Lumajang. Terdapat bunga edelweis, cemara, pasang rumput dan pinus pada lereng bukit nya sehingga menjadi visualisasi yang indah saat kita menyusurinya. Melewati Ranu Kembolo, danau yang berada pada ketinggian 2400m dengan luas 14 ha.

5. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci (3805 mdpl), merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia yang masih aktif. Di kawasan Gunung Kerinci terdapat Danau 7 Gunung, sebuah telaga dengan kawah di ketinggian 2000m dikelilingi perbukitan di sekitar Kerinci yang hampir tak tersentuh.